renovasi rumah subsidi

Renovasi rumah subsidi tidak harus selalu mahal. Apakah Anda ingin mencoba memperbarui dan merombak rumah agar siap dijual atau menjadikannya tempat yang lebih nyaman untuk Anda tinggali? Ada banyak cara untuk memperbaiki rumah Anda tanpa menghabiskan banyak uang.

Jika Anda masih bingung dengan pengalaman pertama Anda melakukan renovasi, berikut adalah beberapa tips cerdas tentang cara menghemat uang saat Anda merombak, merenovasi, dan mempercantik rumah Anda.

Tentukan Desain Rumah Subsidi yang Akan Dibangun

Desain adalah hal pertama yang perlu Anda pikirkan saat melakukan renovasi. Karena dengan menentukan desain, Anda akan tahu berapa banyak dana yang Anda butuhkan, bahan-bahan bangunan apa saja yang perlu Anda siapkan, dan furniture atau pelengkap dekorasi apa yang perlu Anda beli.

Setiap orang memiliki mimpi tentang apa yang diinginkan di rumahnya, seperti jumlah kamar, warna dinding dan fasilitasnya. Anda tentu tahu desain apa yang paling diinginkan untuk rumah Anda. Beberapa opsi desain rumah yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah:

  1. Minimalis

Minimalis adalah salah satu desain yang paling signifikan dari abad ke-20. Desain ini paling kuat dan populer akhir-akhir ini. Gaya minimalis memberikan kesederhanaan bagi rumah Anda. Seperti namanya, desain minimalis ini jelas bukan gaya yang indah atau mewah, tapi bukan berarti tanpa gaya.

“Baca Juga : Cara Mengatasi Dinding Rembes Dan Berjamur Saat Hujan

Jika Anda ingin tampilan yang berkesan dan up to date, minimalis adalah opsi terbaik. Ciri khas rumah minimalis adalah polos atau tanpa ornamen, menggunakan maksimal dua kombinasi material, menggunakan dak beton, dan mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak).

  1. Modern

Rumah modern lebih sering hadir dengan bentuk atap segitiga dan memiliki sumber pencahayaan yang baik dengan aplikasi dinding kaca atau jendela besar. Kebanyakan rumah modern tampil dengan dinding berwarna monokrom, tampilannya rapi dan presisi.

  1. Tropis

Jika Anda menginginkan rumah yang asri dan nyaman, maka gaya tropis adalah ide terbaik. Ciri khas dari desain ini adalah eksterior rumah yang berwarna terang, memiliki atap panjang dan lebar, serta lingkungan yang hijau, seperti taman outdoor atau tanaman dalam ruangan.

  1. Klasik

Ada juga desain rumah klasik yang mungkin bisa Anda coba. Mulai dari klasik Eropa, Italia, Kolonial, Prancis, hingga klasik Amerika yang lebih ringan dan homey. Karakteristik gaya klasik adalah memiliki ruang terbuka dan penuh cahaya alami untuk mencapai lingkungan yang santai dan tenang.

Buat Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Rumah

Anggaran adalah sesuatu yang sangat penting dan membutuhkan perhitungan yang matang dalam hal apapun. Apalagi dalam hal pembangunan atau renovasi rumah subsidi, setiap rupiah yang harus Anda keluarkan tentunya sangatlah penting.

Anda harus memutuskan detail yang diinginkan, sebelum Anda mulai menghitung angka-angkanya. Misalnya, apakah Anda ingin lantai keramik atau kayu? Cat tembok atau wallpaper? Dan lain sebagainya. Memberikan daftar yang Anda inginkan kepada kontraktor atau tukang dapat membantu Anda merumuskan anggaran yang akurat.

Tentukan Prioritas Pembangunan Rumah Subsidi

Jika Anda memiliki anggaran yang kecil, maka menentukan prioritas adalah ide yang cerdas. Pikirkan bagian mana yang sangat perlu atau paling Anda inginkan untuk direnovasi. Untuk menentukannya, Anda bisa melakukan pengecekan secara mendetail dari setiap ruangan di rumah Anda.

“Baca Juga :  Cara Memperbaiki Instalasi Pipa Bocor Yang Tertanam Dalam Dinding

Buatlah rencana perubahan kecil yang dapat memiliki dampak besar untuk menghemat biaya setelah memutuskannya. Misalnya, daripada membeli wallpaper yang mahal, Anda bisa mengganti warna ruangan dengan cat tembok yang lebih murah.

Cari Tukang Renovasi Rumah yang Berpengalaman

Anda bisa melakukan renovasi sendiri atas segala hal yang biasa dilakukan untuk menghemat banyak uang. Jika Anda memiliki keterampilan dan pengalaman untuk melakukan sesuatu, akan lebih murah bagi Anda untuk melakukannya sendiri dari pada menyewa tukang renovasi.

Jika merombak atau merenovasi rumah bukanlah keahlian Anda, maka akan lebih baik bagi Anda untuk mencari tukang renovasi rumah yang berpengalaman saja, agar Anda terhindar dari kesalahan renovasi atau pemborosan dana. Anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga/teman, atau mencarinya di internet.

Semua tips-tips renovasi rumah subsidi di atas, akan membuat Anda dapat menghemat banyak uang sambil meningkatkan fungsionalitas dan keindahan rumah Anda. Kunci lainnya adalah jadilah cerdas dalam memotong biaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: