montase

Montase adalah adalah salah satu istilah populer dalam dunia seni, terutama film. Bersamaan dengan ini, ada juga istilah kolase dan mozaik. Ketiganya adalah karya seni yang dibuat secara khusus dengan menggunakan bahan-bahan dari berbagai sumber dan disatukan pada suatu permukaan bidang.

Pengertian Dari Montase

Komposisi gambar tunggal yang dibuat dengan menyandingkan atau melapiskan banyak gambar, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pengedit gambar. Teknik ini disebut oleh para profesional sebagai “pengkomposisian”.

Dalam dunia perfilman diartikan sebagai teknik pembuatan film dengan serangkaian gambar pendek yang dikumpulkan bersama untuk menceritakan sebuah kisah atau cerita.

Misalnya video yang menunjukkan serangkaian kerja seorang penulis di meja kerjanya, kemudian membaca buku di kereta, lalu menatap layar komputer dengan seksama.

Tanpa menggunakan kata-kata, pembuat film ingin menunjukkan kepada audiens bahwa penulis tersebut sedang bekerja keras pada proyek terbarunya. Contoh lain yang terkenal adalah milik Butch Cassidy and Sundance Kid yang menunjukkan perjalanan dari New York City ke Bolivia tahun 1991.

Ada juga karya The Rules of Attraction 2002 yang menceritakan perjalanan melintasi banyak negara di Eropa yang dipadatkan dalam durasi beberapa menit saja. Ada banyak jenis montase dalam jumlah tak terbatas, tapi 3 yang paling umum adalah sebagai berikut.

Montase Musikal

Kumpulan gambar dilengkapi dengan lagu yang cocok dengan tema yang ditampilkan dalam musikal. Misalnya, montase yang memperlihatkan pasangan muda dalam serangkaian kencan yang semakin intim ditampilkan dengan lagu romantis sebagai latar belakang.

Narasi Montase

Jika musik tidak ditambahkan ke dalam montase, biasanya ada karakter yang menceritakan film atau video yang sedang ditampilkan. Contohnya adalah seorang polisi tua yang menceritakan perjalanan karirnya di kepolisian dan seberapa besar usahanya untuk sampai di titik sekarang.

Foto Montase

Kumpulan foto berbeda yang dikemas menjadi satu frame dalam bentuk video. Misalnya, seluruh kisah hidup seorang tokoh terkenal mulai dari foto bayi dan berakhir dengan fotonya sebagai orang tua.

“Baca Juga : Desain Masjid Yang Indah Sesuai Dengan Syariah

Bisa juga perjalanan cinta sepasang kekasih yang telah mengenal selama 5 tahun dan akhirnya menikah, dengan gambar pertama adalah foto saat kencan pertama, dan berakhir dengan foto pre wedding. Jenis ini juga sering digabungkan dengan musik, sehingga menciptakan “montase foto musik”.

Perbedaan Montase dan Mozaik

Mozaik adalah gambar yang dibuat dari potongan-potongan kecil kaca berwarna, batu, atau bahan lainnya, yang sering digunakan dalam seni dekoratif atau sebagai dekorasi interior. Contohnya adalah mozaik ubin, yaitu ubin individual yang disusun non tumpang tindih hingga menampilkan bentuk/gambar/pola tertentu.

Mozaik ubin banyak digunakan untuk membuat gambar statis di kamar mandi atau lantai kolam renang, seperti teks yang menunjukkan kedalaman kolam renang, gambar matahari terbenam, tema pantai, dll.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama dari montase dan mozaik terletak pada bahan. Montase menggunakan foto yang sudah jadi, sedangkan mozaik menggunakan kepingan dari jenis bahan yang sama.

Cara Mudah Membuat Montase

Meskipun saat ini internet dapat membantu Anda membuat video yang menarik, tapi salah satu cara termudah untuk membuat montase adalah menggunakan kumpulan foto yang sudah jadi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Buat Tema dan Konsep

Pertama, buatlah terlebih dulu tema untuk karya Anda (misalnya tema liburan), kemudian pikirkan susunan gambarnya.

Kedua, Siapkan Alat dan Bahan

Ketiga, Kertas HVS atau selembar buku gambar

Keempat, Foto (misalnya kumpulan foto liburan Anda)

Kelima, Gunting, Lem, Pensil warna

Tempelkan Foto

Setelah menyiapkan beberapa foto, kini saatnya menempelkan foto-foto tersebut di atas kertas HVS atau buku gambar dengan pola yang sudah Anda pikirkan sebelumnya.

Tambahkan Warna dan Arsiran

Anda bisa menambahkan warna dan/arsiran menggunakan pensil warna untuk menambahkan nilai keindahan dan artistik pada montase Anda. Namun ingat, warna hanya sebagai pelengkap, jadi pastikan warna tidak mendominasi.

Baik montase maupun mozaik, keduanya adalah karya seni yang sama-sama menyenangkan untuk dibuat, dan hasilnya bisa benar-benar menakjubkan. Montase dan kolase dapat digunakan untuk banyak hal, seperti membuat wallpaper atau gambar dinding, atau bahkan kartu ucapan yang menarik.

Sumber Artikel : Tahukah Anda Perbedaan Kolase, Montase, dan Mozaik?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: