jasa renovasi rumah

Jika Anda mengetik jasa renovasi rumah ke dalam kotak pencarian Google, Anda akan disajikan dengan situs dari ratusan perusahaan kontraktor di dalam dan luar wilayah Anda, tentunya masing-masing situs mengklaim sebagai yang terbaik.

Memilih jasa renovasi yang tepat untuk proyek perbaikan rumah memang bukanlah tugas yang mudah. Meski begitu, Anda tetap harus membuat keputusan dengan bijak dan hati-hati, karena keberhasilan merombak rumah Anda berada di tangan jasa renovasi yang Anda pilih.

Jadi, bagaimana Anda memilih jasa renovasi yang andal dan profesional? Untuk membantu Anda melalui proses tersebut, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merenovasi rumah impian Anda.

Pastikan Anda Mengenal dan Berkomunikasi dengan Baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan jasa renovasi rumah terbaik adalah luangkan waktu untuk mewawancarai setiap kandidat Anda. Sama seperti Anda mewawancarai calon pengasuh anak dengan hati-hati agar anak-anak Anda berada di dekat orang yang tepat.

“Baca Juga : Cara Renovasi Rumah Subsidi Agar Tidak Mahal

Anda bisa membuat janji temu di rumah, kafe, tempat makan, atau tempat lain yang Anda inginkan. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berkunjung langsung ke kantornya, agar Anda bisa melihat lingkungan kerja dan tim seperti apa yang dimilikinya.

Selain membahas pekerjaan, Anda juga bisa menanyakan beberapa hal ringan mengenai dirinya, seperti berbicara tentang hobi atau aktivitas harian di luar jam kerja. Intinya, lakukan komunikasi yang baik dan cobalah untuk mengenal kepribadiannya lebih jauh. Hal ini sangat penting, karena Anda akan sering melakukan komunikasi selama proses renovasi rumah Anda.

Cek Pengalaman Kerja dan Hasil Kerjanya

Salah satu cara untuk menentukan apakah jasa renovasi tersebut layak digunakan atau tidak adalah dengan mengecek hasil pekerjaan dan pengalaman kerja dari pihak yang akan merenovasi rumah Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cek Portofolio

Saat melakukan wawancara, Anda harus membahas pengalaman, filosofi kerja, dan visi calon kontraktor Anda. Artinya, Anda harus meminta kontraktor untuk memberi Anda portofolio dan daftar klien dari proyek-proyek sebelumnya.

Periksalah dengan cermat portofolio tersebut. Portofolio yang bagus biasanya memiliki banyak contoh proyek, dan proyek yang banyak berarti pengalaman yang dimilikinya juga banyak.

Pengalaman yang banyak membuat jasa renovasi/kontaktor tersebut memiliki peluang besar untuk menyelesaikan jenis proyek perbaikan rumah Anda. Hal itu dapat mendalangi perombakan yang mengakomodasi kebutuhan Anda, dan mampu mengantisipasi segala komplikasi yang mungkin timbul.

  1. Hubungi Mantan Klien dan Kunjungan Proyek

Jika portofolio masih belum cukup, Anda bisa meminta daftar mantan klien atau mengunjungi proyek secara langsung. Minta kontraktor Anda untuk memberikan setidaknya 2 referensi yang dapat diverifikasi ke klien sebelumnya dengan proyek yang serupa dengan Anda.

Hubungi klien tersebut dan tanyakan apakah hasil kerja penyedia jasa renovasi itu memuaskan atau sebaliknya. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan kunjungan proyek yang saat ini masih dalam tahap konstruksi, sehingga Anda dapat benar-benar merasakan keahlian dan tingkat keterampilannya.

“Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah Yang Benar

  1. Cek Kepegawaian

Jika proyek Anda memerlukan keahlian khusus (seperti pemasangan listrik atau rekayasa struktural), Anda harus bertanya kepada jasa renovasi tentang siapa yang akan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Apakah dikerjakan oleh staf spesialis? Atau menggunakan subkontraktor yang disewa?

Pekerjaan khusus sangat penting ditangani oleh pegawai berpengalaman jika Anda ingin memastikan renovasi rumah Anda dikerjakan dengan baik dan benar. Misalnya, pekerjaan listrik harus dipasang oleh tukang listrik berlisensi, bukan tukang kayu atau tukang ledeng.

Jasa renovasi juga harus memiliki mandor yang bisa mengawasi proyek, selain itu juga selalu tersedia di lokasi untuk menjawab pertanyaan Anda dalam mengatasi masalah Anda.

Minta Harga Pembangunan Secara Terperinci

Pastikan Anda telah mengetahui harga jasa renovasi yang akan Anda gunakan, sebelum menandatangani kontrak kerja sama. Mintalah rincian harga dan tanyakan apakah ada biaya tambahan atau semacamnya. Hal ini sangat penting dilakukan, agar Anda terhindar dari “Kejutan” pembengkakan biaya di kemudian hari.

Anda juga bisa mencoba mencari jasa renovasi rumah di sekitar wilayah Anda, selain menggunakan internet untuk mendapatkan daftar terbaik. Selain lebih dekat, Anda juga bisa menanyakan mengenai kantor tersebut kepada warga sekitar. Selanjutnya, gunakanlah kiat-kiat di atas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: