genteng bocor

Cara Memperbaiki Genteng Bocor – Memasuki musim pancaroba pergantian antara musim penghujan dan musim kemarau yang biasanya terjadi pada bulan Maret dan April yang tidak menentu.

Terkadang hujan dan terkadang terik. Kondisi ini membuat masyarakat menjadi was-was. Banyak kondisi yang kerap kali terjadi pada saat hujan menyapa.

Mulai dari air yang merembes pada dinding dan lantai, air hujan yang melawati batas atap rumah hingga genteng bocor yang menganggu aktifitas sehari-hari. Kenapa? Karena genteng yang bocor dapat merusak prabot-prabot serta material lainnya.

Selain itu, genteng berperan sebagai payung atau pertahanan utama ketika hujan turun dan menjadi pelindung dari seluruh cuaca yang terjadi. Oleh karena itu, genteng bocor harus segera ditangani sehingga tidak berdampak besar pada bagian rumah yang lain.

Cara Pemasangan Lapisan Waterproofing Genteng/Atap

Bagi sebagian orang Waterproofing atau anti bocor merupakan hal yang lumrah dilakukan dalam pembangunan sebuah rumah, namun tidak setiap rumah mengaplikasikan waterproofing pada rumahnya.

Waterproofing sendiri bekerja sebagai pencegah air masuk ke dalam dinding bangunan sehingga tidak terjadi kerusakan pada dinding seperti dinding rumah yang terlihat lembab, berjamur, dan memiliki bekas rembesan air.

“Baca Juga: Cara Mengatasi Dinding Rembes Dan Berjamur Saat Hujan”

Oleh karena itu, melapisi genteng rumah terlebih dahulu dengan anti bocor/waterproofing merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya genteng bocor.

Tahapan Pemasangan Waterproofing Yang Benar Genteng/Atap

Sebelum melakukan pemasangan, terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap jenis waterproofing yang tepat untuk melakukan penanganan terhadap genteng bocor. Setelah itu ada beberapa tahap yang perlu dilakukan dalam melakukan pemasangan lapisan waterproofing pada genteng/atap:

Memasang waterproofing dengan pelaksana tenaga kerja yang terampil. Namun sebelumnya harus mempersiapkan bidang yang akan dipasang seperti membersihkan dari debu dan kotoran-kotoran material seperti krikil, paku dan lain-lain. Gunakan primer dengan kadar yang sesuai. Pakailah primer hanya pada area yang dapat ditutup dalam hari yang sama.

Sebelum menempatkan membrane strip penuh pada setiap sisi, paskan strip di tengah sepanjang garis sisi dan Memasang lembaran dengan sisi dan akhiran yang overlap dengan ukuran yang telah direkomendasikan sebelumnya.

Bukalah kertas pelapis pada waterproofing. Hamparkan lembaran dengan menggunakan mechanical roller untuk merekatkan dengan penuh. Rekatkan lembaran dengan penuh pada permukaan.

Jenis Waterproofing Yang Umum Di Gunakan

Waterproofing juga memiliki beberapa jenis yang dapat menjadi pilihan bagi rumah anda. Namun umumnya, masing-masing memiliki karakteristik dan kecocokan pada bangunan yang ada. Beberapa jenis waterproofing yaitu Coating, Membrane, Flashband Self Adhesive, Integral, dan Crystallising.

Waterproofing Coating

Pelapisan anti bocor coating merupakan salah satu sistem perlindungan yang memiliki bahan dasar air. Hampir menyerupai cat namun memiliki karakteristik yang jauh lebih kental dan kenyal. Serta memiliki cara pemakaian yang ralatif sama dengan cat, yaitu menggunakan kuas ketika pengaplikasiannya.

Biasanya paling sering di aplikasikan pada tanki penyimpanan air, talang beton, atap, dinding samping, dan galvalum, kadang kala juga digunakan pada benda berbahan dasar semen.

Dalam penggunaannya, perlu mencampurkan semen dengan larutan cair. Setelah keduanya tercampur dengan rata maka bisa langsung diaplikasikan di bagian yang bocor.

Waterproofing Membrane

Jenis yang satu ini memiliki bentuk berupa lembaran atau gulungan. Berdasarkan bahan dasar pembuatannya maka dapat diklasifikasi menjadi dua yaitu berbahan dasar fiber dan polyester.

“Baca Juga: Aquaproof Untuk Bak Mandi Bocor Agar Tidak Berulang”

Metode pekerjaan membrane relatif lebih kompleks, yaitu dengan pemanasan, pembakaran/torching, dan melakukan laminasi dengan lem. Terdapat tiga jenis tekstur pada waterproofing membrane, yaitu yang memiliki permukaannya halus, berlapis pasir dan berlapis batu.

Dalam penggunaannya diperlukan kehati-hatian sebab jika salah sedikit maka resiko kebocoran akan tetap terjadi. Pada umumnya penggunaan waterproofing ini digunakan untuk struktur dak atau atap/ genteng beton.

Waterproofing Flashband Self Adhesive

Salah satu jenis dari waterproofing ini dapat digunakan sebagai perlindungan bangunan dengan menggunakan falshband atau lembaran. Pada umumnya lembaran tersebut di lapis dua.

Lapisan pertama berfungsi sebagai perekat dan lapisan yang kedua sebagai penahan kebocoran sehingga air tidak bisa masuk dan merembes bangunan anda. Bahan yang digunakan pada jenis ini terbuat dari membrane polyester dan alumunium foil atau cat penutup.

Khusus untuk alumunium foil adalah bahan yang berperan sebagai penahan kebocoran. Sedangkan yang berbahan polyester berperan sebagai perekat. Biasanya jenis ini diperuntukan untuk lantai, atap, talang beton, dan lain sebagainya.

Waterproofing Integral

Jenis ini adalah salah satu tipe produk pada umumnya dapat dicampurkan dengan adukan beton sebelum dilakukan pengecoran sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu bagian dari campuran beton.

Dengan adanya sistem pengaplikasian seperti ini pada basement, bak penampungan air, kolam renang dan lainnya akan menjadi lebih plastis, kedap air, tidak mudah retak, dan lebih keras dengan melakukan penghematan air hingga 30%.

Waterproofing Crystallising

Jenis terakhir ini adalah waterproofing yang bisa diaplikasikan pada permukaan beton yang salah satu caranya ialah dicampur kedalam beton yang belum dicor sehingga lantai dan dinding beton menjadi kedap terhadap air.

Komponen aktif yang ada pada waterproofing akan masuk dan meresap ke dalam pori-pori beton, hasil reaksi tersebut mampu mengubah menjadi kristal sehingga beton tidak bisa ditembus air.

Biaya Pemasangan Waterproofing permeter

Salah satu upaya untuk menghindari genteng bocor adalah dengan memasang waterproofing pada atap rumah. Salah satu jenis waterproofing yang dapat diaplikasikan pada atap adalah Waterproofing Membrane yang  cocok sekali untuk bangunan yang dihadapkan pada kelembapan yang tinggi serta memiliki serat yang kuat dan dilapisi juga oleh bahan bitumen.

Untuk itu anda perlu mencari tahu terlebih dahulu soal harga dari waterproofing ini. Jangkauan harga yang tersedia untuk waterproofing yang satu ini berkisar dari Rp 65.000 hingga Rp 95.000 per meter dan semuanya tergantung ukuran dari masing-masing membrane.

Dengan rekomendasi jenis produk Aquaproof klik di sini

Jasa Perbaikan Rumah Bocor Dan Rembes Di Medan

Ketika musim hujan datang, genteng bocor memang merupakan momok yang menakutkan, belum lagi ancaman kerusakan prabot menjadi salah satu hal yang paling ditakuti. Belum lagi ketika pemasangan waterproofing yang tidak tepat. Keadaan tersebut akan memparah keadaan.

Namun, masih banyak pula masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan dan keahlian dalam pemasangan, perbaikan genteng bocor dan rembes. Untuk masyarakat yang tinggal di Kota Medan, anda tidak perlu khawatir.

Solusi Mitra Bangunan hadir sebagai salah satu solusi dan rekan terpercaya anda untuk melakukan perbaikan rumah bocor dan rembes di Kota Medan dengan tim yang professional dan memiliki kualitas kerja yang memuaskan. Anda tidak perlu takut lagi ketika hujan datang, karena kami adalah solusinya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: