cara menghilangkan cat tembok

Cara Menghilangkan Cat Tembok – Memiliki rumah dengan warna yang awet dan indah merupakan impian hampir semua orang. Tapi cat tembok juga bisa dimakan waktu, semakin lama memiliki warna yang semakin kabur atau mungkin menjadi korban coretan anak-anak atau tidak sengaja tercoret.

Bahkan bisa jadi mengelupas dan berjamur atau warna tersebut memberikan kesan yang membosankan. Oleh karena itu dibutuhkan proses untuk pengecatan ulang sehingga menghasilkan tampilan tembok yang lebih baik lagi.

Cara yang dapat dilakukan untuk Menghilangkan Cat Tembok

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cat tembok, diantaranya adalah cara menghilangkan cat tembok dengan pengerukan atau dengan cairan perontok.

1. Dengan Pengerukan/Kikis

Apabila anda memilih menggunakan pengerukan pada tembok anda, tapi metode ini cenderung lama dan memakan waktu. Namun proses pengerukan cat dinding yang lama akan jauh lebih mudah apabila cat tersebut sudah hampir terkelupas dan menggembung, atau sudah tercuil dari tembok.

Gunakan scrapers kape atau pisau dempul untuk mengeruk cat yang ada pada tembok atau dengan pisau pipih jenis lainnya agar lebih mudah untuk mengeruknya. Lakukan dengan hati-hati agar ketika anda sedang mengeruk, tidak sampai merusak dinding hingga berlubang atau pecah.

2. Dengan Cairan Perontok (paint remover/paint stripper)

Apabila cat lama tidak kendur, terkelupas, atau tercuil, sangat disarankan untuk memilih pilihan ini untuk menggunakan cairan perontok cat (paint stripper) untuk mengendurkan eratan cat atau cat mengelupas pada lapisan tembok.

Tunggu kurang lebih 5-120 menit sebelum akhirnya dikeruk menggunakan pisau dempul, semuanya tergantung dengan sekompleks apa cat pada tembok anda. Selalu gunakan sarung tangan, masker dan kacamata ketika melakukan proses tersebut untuk menjaga kesehatan anda.

Alat yang dipakai untuk Menghilangkan Cat Tembok

Alat-alat yang umumnya digunakan adalah sebagai berikut:

  • Scrapers Kape, berfungsi sebagai pengeruk cat pada tembok.
  • Paint Remover, berfungsi untuk menghapuskan cat yang ada pada tembok sebelumnya.
  • Kuas Cat, berfungsi untuk membantu pengaplikasian paint remover pada tembok rumah.
  • Thinner, berfungsi untuk pengganti paint remover. Thinner adalah alternatif yang relatif murah untuk menghilangkan cat tembok Anda.
  • Ampelas, berfungsi untuk menghaluskan tembok atau membersihkan sisa-sisa chat yang sulit di keruk.
  • Sarung Tangan, berfungsi untuk menghindarkan tangan berkontak lansung dengan bahan-bahan yang mimiliki bahan kimia.

Tahapan Pengerjaan yang dapat dilakukan

Kali ini tahapan yang diberikan adalah menggunakan paint remover, yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan.
  • Siapkan sarung tangan untuk membantu pengerjaan dan agar tangan Anda terhindar dari kontak langsung dengan bahan kimia.
  • Ambil kuas yang telah anda disiapkan kemudian oleskan pada cairan paint remover pada bagian tembok yang akan dikelupas. Lakukanlah hal ini secara bertahap pada bagian tembok yang sudah siap untuk dikelupas.
  • Diamkan bagian tembok yang sudah diberi cairan paint remover atau thinner selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Bagian tembok yang bereaksi setelah diberikan cairan ini biasanya akan berubah bentuk menjadi menggelembung. Jangan biarkan cairan yang menempel pada tembok ini terlalu lama. Karena cairan yang bercampur cat tersebut akan mengumpal dan mengeras, sehingga akan semakin sulit untuk membersihkannya.
  • Setelah muncul gelembung, ambil sekrap tangan (scrapers kape) lalu mulai untuk mengelupas bagian tembok tersebut. Lakukanlah kembali hal tersebut ke bagian tembok lainnya yang ingin Anda dikelupas catnya.
  • Setelah semua tembok berhasil dikelupas catnya, Anda perlu menyiram atau menyemprotkan permukaan tembok tersebut dengan air. Air tersebut akan membersihkan tembok dari cairan yang mengandung bahan kimia yang berasal dari paint remover atau thinner yang sempay digunakan.

Setelah permukaan dinding disiram cairan remover, maka tunggu hingga kering atau Anda dapat membantu proses pengeringan dengan menggunakan kain lap.

Setelah permukaan mengering maka gosok permukaan cat dengan amplas kasar. Hingga permukaan menjadi bersih dari dat dan halus terlihat acian dinding lama.

Jika permukaan sudah bersih dari cat yang menempel keseluruhan, maka tembok sudah siap untuk dicat ulang dengan bahan dan warna yang Anda kehendaki.

Rekomendasi Produk yang Banyak di Pakai

Ada beberapa produk yang bisa dipakai untuk menghilangkan cat tembok, diantaranya adalah Propan yang merupakan campuran bahan kimia yang efektif sebagai pengupas cat seperti Cat Tembok, Synthetic, NC / Duco, Politur, Vernis. Terdiri dari Propan Paint Remover PPR 735 dan 730.

Selain itu ada RJ dimana pembersih cat ini adalah produk dari RJ London dan dapat merontokkan cat pada tembok dan pernis pada logam, besi, dan kayu. Dan terakhir ada Polibest dari Paragon, Polibest Paint Remover bekerja efektif menghilangkan sisa cat pada tembok dan permukaan lain yang terbuat dari kayu atau besi. Dapat diaplikasikan dengan banyak cara seperti disemprot, dioleskan dengan kuas, atau direndam.

Bagi Anda yang mencari tukang cat yang berpengalaman di Medan, kami bisa menjadi pilihan terbaik untuk memberikan pelayanan terbaik. Tenaga ahli akan memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Harga jasa bisa dibilang sangat terjangkau sehingga tidak membebani kantong, meskipun begitu hasil pekerjaan tetap yang paling utama.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: