cara memasang wallpaper dinding

Memasang wallpaper pada dinding bukanlah hal yang sulit, namun harus dilakukan dengan teknik yang benar. Dalam cara memasang wallpaper, ada beberapa langkah yang harus Anda terapkan. Ada beberapa persiapan juga yang harus dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Persiapan Memasang Wallpaper Dinding

wallpaper dinding
wallpaper dinding

Sebelum mulai melakukan pemasangan wallpaper, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa aspek yang pertu disediakan dan ditentukan terlebih dahulu. Beebrapa hal yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Pemilihan Jenis Wallpaper yang Hendak Dipasang

Anda harus memilih jenis wallpaper bagus dan akan membuat rumah Anda semakin menariik. Pikirkan terlebih dahulu wallpaper seperti apa yang sesuai dengan selera Anda dan sekiranya cocok untuk konsep rumah.

Ada beberapa pilihan jenis bahan wallpaper yang bisa Anda pilih. Jenis pertama adalah kertas dengan berbagai pilihan corak. Namun, jika Anda memilih jenis wallpaper yang terbuat dari bahan kertas, tentu akan mudah sobek.

Pilihan kedua adalah wallpaper dari bahan heavy duty paper. Heavy duty paper merupakan salah satu bahan untuk wallpaper yang ringan dan cukup recommended karena tidak sulit dibersihkan. Anda cukup menggunakan lap basah untuk membersihkannya. Selain itu, pilihan motifnya juga banyak dan karakternya timbul.

Jenis bahan berikutnya adalah Vinyl yang tahan lembab dan tidak mudah kotor. Yang terakhir adalah wallpaper yang terbuat dari kain. Kelebihannya, ada banyak pilihan warna dan teksturnya halus. Tetapi, Anda harus hati-hati ketika memasang wallpaper dari kain, agar tidak mudah kusut dan rusak.

2. Menentukan Titik Pemasangan Wallpaper

Persiapan berikutnya adalah, Anda harus menentukan titik dimana wallpaper hendak dipasang. Setelah menentukan daerah mana yang hendak dipasang wallpaper, pastikan bahwa dindingnya dalam keadaan normal. Normal disini maksudnya memiliki permukaan yang rata dan tidak lembab.

Apabila Anda memasang wallpaper di dinding yang lembab, wallpapernya idak akan bertahan lama. Selain itu, pastikan juga bahwa dindingnya tidak mengalami kebocoran karena ini akan merusak wallpaper dinding.

Agar tidak salah memilih ukuran wallpaper, pastikan Anda telah mengetahui terlebih dahulu berapa panjang dan lebar dinding. Mengukurnya secara profesional akan lebih baik dilakukan dalam hal ini.

3. Membersihkan Dinding Terlebih Dahulu

Aspek yang satu ini sebenarnya bisa juga disebut sebagai salah satu langkah dalam urutan cara memasang wallpaper. Jadi, sebelum memasangnya pastikan dinding ruangan Anda sudah dibersihkan. Hilangkan noda dan kotoran yang menempel pada dinding dengan spon dan sabun. Gosokkan hingga dinding bersih.

Selain itu, Anda harus membersihkan dinding terlebih dahulu agar tidak lembab. Dinding yang lembab tentu akan mempengaruhi hasil pemasangan wallpaper. Dinding yang lembab merupakan tempat bersarangnya jamur, sehingga menyebabkan dinding kotor.

Alangkah baiknya jika Anda melapisi dinding ruangan tersebut menggunakan cat khusus agar tidak mudah lembab. Jika sudah selesai, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap kering dan bersih. Selanjutnya, jangan lupa untuk meratakan permukaan dindingnya

Peralatan Memasang Wallpaper

Menyiapkan peralatan juga penting Anda lakukan. Apa saja alat yang dibutuhkan perlu Anda pahami sebelum mempelajari cara memasang wallpaper yang benar. Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan yang ada di bawah ini.

1. Wallpaper

Setelah Anda memilih motif dan jenis wallpaper yang hendak dipasang, langsung siapkan beserta peralatan lainnya. Anda bisa memilih wallpaper yang paling cocok, dengan ukuran sesuai yang dibutuhkan.

2. Lem Untuk Wallpaper

Tentu Anda membutuhkan lem perekat untuk memudahkan pemasangan wallpaper. Lem perekat ini bisa Anda dapatkan di toko material. Setelah membelinya, siapkan lem bersamaan dengan wallpaper yang hendak dipasang.

3. Gunting

Bahan selanjutnya adalah gunting untuk menggunting wallpaper jika ukurannya kelebihan. Pastikan bahwa gunting Anda tajam sehingga menghasilkan potongan yang rapi. Akan lebih baik jika Anda sudah tahu ukuran dinding yang hendak dipasangi wallpaper sehingga ukurannya pun sudah pas.

4. Meteran

Jangan lupa juga untuk menyiapkan meteran sebagai alat ukur agar tidak ada kesalahan pemotongan. Anda bisa mengukur panjang dinding disesuaikan dengan ukuran wallpaper. Sebelum dipasang dan wallpaper sudah dipotong, cek lagi ukuran tersebut untuk memastikannya benar-benar sesuai

5. Pensil atau Plumb Bob

Agar mudah ketika menggunting, setelah selesai mengukur dinding dan wallpaper, berilah tanda menggunakan pensil. Pensil merupakan alat tulis yang tidak terlalu tebal sehingga garisnya akan tetap samar walau tidak dihapus. Hal ini tidak akan mengurangi keindahan wallpaper Anda.

6. Kuas

Kuas akan membantu Anda untuk mengoleskan lem pada seluruh bagian wallpaper sebelum dipasang ke dinding. Pilih kuas yang berkualitas dan mudah digunakan, sehingga hasilnya bisa maksimal.

Langkah Memasang Wallpaper yang Benar

Jika sudah paham dengan persiapan yang harus dilakukan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan, kini saatnya Anda mempelajari bagaimana cara memasang wallpaper dengan benar. Anda harus mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti, agar hasilnya bisa maksimal. Berikut penjelasannya.

1. Buatlah Garis Lurus Pada Dinding

Cara memasang wallpaper berikutnya adalah membuat garis lurus pada dinding. Gunakan Plub Bob agar mudah membuat garis tersebut. Cara ini bisa membantu Anda agar pemasangan wallpaper dinding bisa lurus dari atas ke bawah, dan tidak berantakan.

Perlu diperhatikan juga bahwa lebih baik Anda tidak mengandalkan garis yang sudah ada di langit-langit ruangan atau tembok karena belum tentu lurus. Oleh sebab itu, Anda perlu membuatnya sendiri.

2. Mengoleskan Lem Pada Wallpaper

Selanjutnya, tambahkan lem pada wallpaper dinding Anda. Oleskan secara perlahan di tiap bagiannya agar rata. Untuk memudahkan pengolesan lem, Anda bisa menggunakan bantuan kuas. Sapuan kuas akan membuat lem tersebar secara merata.

Namun, pilihlah kuas yang tepat. Jangan menggunakan kuas untuk cat dinding karena permukaan bulunya tidak cocok diaplikasikan ke wallpaper. Gunakan kuas yang memang dibuat untuk wallpaper. Tahap pengolesan lemnya sendiri hanya dilakukan sebanyak satu kali.

Dalam prosesnya, jangan terlalu banyak pula mengoleskan lemnya karena akan membuat wallpaper cepat robek dan terlalu basah. Hasilnya pun akan kurang maksimal.

3. Mulai Menempel Wallpaper

Cara memasang wallpaper ini bisa dilakukan dengan langsung menempelkannya pada dinding setelah lem dioleskan secara merata. Jangan sampai Anda menunda pemasangan wallpaper karena khawatir lemnya akan kering. Anda bisa memasangnya secara perlahan, dengan hati-hati.

4. Meratakan Wallpaper

Tahapan berikutnya adalah meratakan wallpaper dari atas hingga bawah. Anda bisa menggunakan kain perca agar wallpaper tampak lebih rata. Caranya cukup dengan menempelkan kain perca dan gerakkan tangan seperti mengelap sesuatu, maka wallpapernya akan langsung rata.

5. Memotong Sisa Wallpaper

Langkah dalam urutan cara memasang wallpaper yang selanjutnya adalah memotong sisanya. Anda bisa menggunakan gunting untuk memotong sisa wallpaper tersebut. Usahakan mengguntingnya dengan rapi.

Demikian beberapa informasi seputar cara memasang wallpaper dinding yang bisa Anda terapkan di rumah yang dapat solusi mitra bangunan bagikan. Jika bingung dan takut melakukan kesalahan saat melakukannya sendiri, maka Anda bisa meminta bantuan jasa yang sudah berpengalaman di bidang ini, agar bisa lebih maksimal.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: