atap rumah

Saat ini, jenis atap rumah tersedia dalam ratusan jenis dan merek. Mulai dari yang klasik hingga modern, merk lokal dan internasional, masing-masing memiliki tampilan khas tersendiri bersama dengan kelebihan dan kekurangannya.

Jenis atap terbaik untuk Anda sangat tergantung pada iklim, anggaran, dan desain rumah Anda sendiri. Untuk membantu Anda menemukan satu yang tepat, berikut adalah beberapa jenis atap berdasarkan material dan fungsinya.

Atap Galvalum

Galvalum sebenarnya adalah sebuah merek, tetapi banyak orang menggunakannya sebagai istilah umum untuk menggambarkan produk atap logam yang terdiri atas kumparan baja yang dilapisi dengan paduan logam.

Paduan tersebut adalah 45% seng dan 55% aluminium. Tampilannya mirip dengan baja galvanis, tapi kristal yang terlihat lebih kecil dan berdekatan membuat tampilan galvalum lebih halus. Galvalum cukup mudah untuk dibentuk dan dipasang.

“Baca Juga : Cara Memperbaiki Genteng Bocor Pada Saat Musim Hujan

Galvalum juga memiliki ketahanan terhadap penghalang korosi dan tahan panas. Akibatnya, atap ini lebih tahan terhadap karat, salju, hujan, matahari, dan api sambil menyediakan penutup yang kokoh dan protektif untuk rumah Anda.

Atap Onduline

Onduline adalah bahan atap dan pelapis dinding yang sangat tangguh, ringan, dan bergelombang. Atap ini dibuat menggunakan papan dasar yang diproduksi dari serat selulosa daur ulang yang jenuh dengan tekanan dan panas yang kuat.

Lembaran onduline memiliki finishing berwarna dan proses impregnasi resin yang “menodai” warna ke dalam lembaran untuk memberikan sifat retensi warna yang sangat baik dan meningkatkan daya tahan terhadap UV.

Atap Onduline sangat ideal untuk berbagai aplikasi, seperti rumah, kantor, toko/ruko, peternakan, dll. Beberapa keunggulan onduline adalah mudah dipotong, dibentuk dan diperbaiki, serta dapat menahan kecepatan angin hingga 120 mph. Atap ini tersedia dalam 4 warna, yaitu hijau, hitam, merah, dan cokelat.

Atap Bitumen

Salah satu opsi atap tahan lama untuk atap datar adalah atap bitumen. Bitumen adalah jenis produk aspal yang dapat diaplikasikan dalam beberapa cara baik dalam suhu panas maupun dingin.

Atap ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis atap membran lainnya, dan sering dipandang sebagai alternatif modern untuk atap bangunan.

Atap bitumen sangat tahan lama, diklaim dapat bertahan hingga 20 tahun atau lebih. Keunggulan lainnya adalah mampu menahan angin kencang, api, dan hujan es, sehingga tidak mudah rusak jika terjadi badai. Atap bitumen tersedia dalam 1, 2, atau 3 lapis.

Bahan 1 lapis dapat menimbulkan masalah tertentu seperti cepat rusak sebelum waktunya. Karena itu, jika Anda tidak ingin cepat mengganti atap dan melakukan pemborosan dana, sangat disarankan untuk menggunakan Bitumen 2 atau 3 lapis.

Atap Genteng Tanah Liat

Jenis atap ini adalah yang paling klasik tapi juga paling hits hingga saat ini. Genteng tanah liat merupakan bahan atap yang indah dan tahan lama yang banyak digunakan dalam aplikasi perumahan dan komersial. Atap genteng biasanya datang dalam beberapa bentuk, seperti melengkung, bergalur, dan datar.

“Baca Juga : Harga Atap Baja Ringan Dan Biaya Pemasangan

Genteng tanah liat biasanya berwarna merah dan sering disebut genteng Spanyol. Sedangkan versi yang memiliki desain bergalur lebih banyak disebut genteng Perancis. Atap ini dipasang dengan saling tumpang tindih atau saling bertautan.

Meskipun atap genteng adalah salah satu opsi termahal, tapi juga bisa bertahan seumur hidup. Keunggulan lainnya adalah dapat menahan hujan es, angin, dan bahkan kebakaran.

Atap ini juga dapat didaur ulang, membantu mengatur suhu di dalam rumah karena massa termalnya, dan hampir bebas perawatan.

Rekomendasi Tukang Pasang Atap yang Berpengalaman

Selain memilih jenis atap yang bagus, hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memperbaiki atau mengganti atap rumah adalah memilih orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Menemukan tukang pasang atap yang berpengalaman dan profesional memang tidak mudah, karena itu, Anda bisa mulai memanfaatkan internet untuk menemukannya. Opsi lain adalah memilih kontraktor di sekitar tempat tinggal Anda dan melakukan pertemuan langsung sebelum menggunakan jasanya.

Jenis atap apapun selalu memiliki kemungkinan untuk rusak. Namun, cepat atau lambatnya kerusakan tergantung pada jenis dan pemasangan. Jadi, jika ingin rumah Anda terlindung dari panas dan hujan dalam jangka waktu yang lama, pilihlah atap rumah yang bagus dan tukang pasang atap berpengalaman.

Baca Sumber Lainnya: Perbaikan Rumah Bocor Dan Dinding Rember Di Medan

One thought to “4 Jenis Atap Rumah Yang Terbaik Yang Dapat Anda Gunakan”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami whatsapp
%d blogger menyukai ini: