aquaproof

Aquaproof Untuk Perlindungan Rumah Dari Bocor – Rumah adalah salah satu bagian terpenting dari kehidupan. Rumah menjadi lokasi berlindung manusia dari gangguan luar, melindungi dari cuaca terik dan hujan dan menjadi lokasi untuk menghilangkan penat dari lingkungan luar.

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang penting bagi pemiliki rumah. Pada umumnya kamar mandi dibagi menjadi dua jenis, yaitu Kamar Mandi Basah dan Kering. Kamar mandi basah pada umunya kamar mandi memiliki sebuah penampung air atau yang biasanya dikenal sebagai bak mandi. Kamar mandi kering umumnya menggunakan shower.

Namun, kecenderungan masyarakat di Indonesia menggunakan jenis kamar mandi basah yang memiliki bak mandi di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh aliran air yang masih kurang stabil dan hal tersebut memerlukan penampungan air sehingga kapasitas air yang ada terjamin.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan bak mandi sangat diperlukan karena menampung air yang akan di gunakan dan ada kalanya bak mandi akan mengalami rembes dan bocor.

Penyebab Kebocoran Pada Bak Mandi Yang Sering Terjadi Karena Tidak di Aquaproof

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan atau kebocoran bak mandi Bisa terjadi karena lantai betonnya retak sehingga air menetes kebawah atau bisa juga dikarenakan pipa airnya yang mengalami kebocoran. Selain itu ada juga hal-hal lain seperti diantaranya adalah:

Nat yang lepas

Nat adalah bidang yang menjadi celah sambungan antar keramik. Fungsi utama dari nat adalah menjadi perekat dan pendamping pada keramik. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan lubang nat yang dibiarkan terlalu lama sehingga menimbulkan kerusakan pada bawah keramik,

“Baca Juga : Cara Memperbaiki Genteng Bocor Saat Hujan

Keramik retak ataupun pecah

Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh penyusutan kandungan pada perekat semen pasir yang ada pada keramik. Perekat lantai keramik biasanya terbuat dari campuran beberapa komponen seperti semen, pasir, dan air. Semakin lama kandungan air semakin berkurang sehingga perekat mengalami penyusutan dan menyebabkan lantai lepas.

Keramik ambles

Umumnya hal ini terjadi karena adonan semen dan pasir pada bak mandi yang kurang baik, kemudian akan mengakibatkan permukaan keramik menjadi ambles. Sehingga akhirnya muncullah celah yang dapat dilalui oleh air dan terjadi rembes.

Kran Penguras Bak Mandi Rusak

Kondisi ini terjadi apabila kran pengursa bak mandi yang sudah semakin tua dan mengakibatkan kran tersebut tidak bisa tertutup dengan rapat  dan menyebabkan air rembes.

Perbaikan Yang Dilakukan Pada Bak Mandi Yang Bocor Dengan Aquaproof

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika terjadi bak bocor adalah cari titik kebocoran pada bak mandi dan menambalnya. Beberapa tips perbaikan ini dapat anda terapkan pada bak mandi yang bocor:

Jika nat yang terlepas maka anda perlu terlebih dahulu untuk melepaskan keramik yang ada di sekitar nat. Bersihkan dindingnya dan pasangkan kembali keramik dengan pasir dan semen.

Kemudian tambahkan campuran semen putih dan lem, atau anda bisa menambahkan hanya dengan semen nat untuk menambal nat pada pinggiran keramik.

Jika ada keramik yang retak atau pecah maka anda harus menyiapkan perlengkapan tambahan seperti sapu lidi dan keramik baru. Jika semua sudah disiapkan, campurkan semen abu-abu yang ada dengan lem fox. Setelah itu, masukkan adonan tersebut pada bagian lubang yang retak. Setelah itu gunakan sapu lidi untuk menjadi mengisi retakan-retakan yang kecil.

Apabila ada keramik yang ambles maka anda perlu untuk mencopot keramik tersebut dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik menjadi sejajar dengan keramik lain. Kemudian isi nat dengan semen putih dan lem yang telah dicampurkan.

Jika kran penguras bak mandi rusak maka harus menyisipkan plastik agar kran air dapat tertutup dengan rapat kembali.

Bila disebabkan karena lantainya yang bocor, biasanya keramik harus dibongkar untuk dipasangkan waterproofing yang baru. Waterproofing ini bukan berupa cat yang dikuas tetapi yang berbentuk membrane (lembaran) sebesar area yang basah pada kamar mandi. Lalu kemudian diaci dan dipasang keramik lagi. Sehingga bak mandi tidak akan pernah bocor lagi walaupun dak betonnya mengalami retak.

Biaya Perbaikan Bak Mandi Dengan Aquaproof

Apabila anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pekerjaan dan perbaikan bak mandi. Saat ini tersedia banyak jasa rekonstruksi yang memiliki harga bersahabat.

“Baca Juga : Cara Mengatasi Dinding Rembes Dan Berjamur Saat Hujan

Biasanya untuk melakukan perbaikan pada bak mandi oleh beberapa penyedia jasa konstruksi berkisar dari Rp. 150.000 per meternya dimana hal ini sudah termasuk ukuran kramik standard yaitu 20×20 cmm.

Dengan rekomendasi jenis produk Aquaproof klik di sini

Tukang Waterproofing Dengan Bahan Aquaproof di Medan

Orang mengatakan bahwa kamar mandi menjadi salah satu cerminan pemilik rumah, bila kamar mandi terawatt maka tentu pemiliki rumah adalah orang yang bersih dan menyukai kerapian.

Namun permasalah yang sering terjadi di kamar mandi juga tak kalah pelik. Belum lagi padatnya aktifitas dapat menghambat proses perbaikan kamar mandi.

Untuk masayarakat di Kota Medan, jangan khawatir. Masalah umum seperti bak mandi bocor dapat di atasi dengan mudah oleh tim kami. Kami merupakan merupakan sebuah penyedia jasa konstruksi yang berdomisili di Medan, Indonesia.

Kami berharap mampu memenuhi segala kebutuhan atas segala permasalahan perbaikan, pembangunan dan perawatan rumah anda, ditambah lagi kami memiliki banyak pengalaman dalam bidang ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: